BSKDN Kemendagri Susun Kriteria Penilaian Kota Bersih,Hasilkan 10 Variabel & 43 Indikator

- 18 November 2023, 00:27 WIB
BSKDN Kemendagri Susun Kriteria Penilaian Kota Bersih, Hasilkan 10 Variabel dan 43 Indikator
BSKDN Kemendagri Susun Kriteria Penilaian Kota Bersih, Hasilkan 10 Variabel dan 43 Indikator /

 

 

 

 

 

Butolpost - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyusun kriteria dan pembobotan variabel kota bersih sebagai tindak lanjut dari kajian strategis tahun 2022 terkait "Penentuan Indikator dan Penilaian Kota Bersih". Kajian tersebut dilakukan oleh Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan, Keuangan Daerah dan Desa (Pustrajakan PKDD) BSKDN. Penyusunan ini menghasilkan 10 variabel dan 43 indikator penilaian kota bersih.

Sepuluh variabel itu di antaranya meliputi lingkungan air, udara dan kualitas lahan; pengelolaan sampah; sosial; sarana dan prasarana; pertumbuhan ekonomi; keuangan daerah; partisipasi masyarakat; sumber daya manusia; sistem tata kelola; dan kebijakan.

Plh. Kepala Pustrajakan PKDD BSKDN, Abas Supriyadi mengatakan, dalam menyusun kriteria dan pembobotan variabel pihaknya melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, akademisi, dan berbagai pakar terkait. Keterlibatan sejumlah pihak tersebut diakui Abas sebagai upaya agar rekomendasi yang dihasilkan semakin berkualitas dan dapat mendukung terwujudnya kota bersih bagi masyarakat.

"Rekomendasi yang akan diberikan kepada Bapak Menteri Dalam Negeri diharapkan dapat respons positif dan bisa dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu uji coba penilaian dan penyusunan regulasi," ungkap Abas saat memimpin Rapat Penyusunan Rekomendasi “Penilaian Kriteria dan Pembobotan Variabel Kota Bersih” di Aula BSKDN pada Jumat, 17 November 2023.

Halaman:

Editor: Gunawan Butol Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah