SMKN 1 Tiloan Terancam Di Tutup, Akibat Pembukaan Kelas Jauh SMAN 1 Momunu Di Panilan Jaya

- 26 Mei 2024, 13:00 WIB
/


BUTOLPOST. Dalam rangka rekrutmen penerimaan siswa baru tahun ajaran 2024, secara kelembagaan SMAN 1 Momunu di Kabupaten Buol telah membuka kelas jauh di Desa Panilan Jaya Kecamatan Tiloan untuk menerima pendaftaran siswa baru di wilayah tersebut yang jaraknya antara sekolah Induk SMAN 1 Momunu itu sekitar 15 kilometer.

Sebuah sumber menyebutkan pembukaan kelas jauh SMAN 1 Momunu di wilayah tersebut dinilai sangat berdampak buruk terhadap rekrutmen penerimaan siswa di SMKN 1 Tiloan. Karena selama ini SMKN 1 Tiloan setiap tahunnya hanya mengharapkan penerimaan lulusan SMPN 1 Tiloan dan SMPN 2 Tiloan di Panilan Jaya, dengan jumlah hanya sekitar 80 siswa/siswi.

Sehingga dengan dibukanya kelas jauh oleh SMAN 1 Momunu, sudah jelas sangat mempengaruhi rekrutmen penerimaan siswa baru di SMKN 1 Tiloan. Buktinya pada penerimaan siswa baru tahun ini, sesuai data siswa baru yang yang mengembalikan formulir pendaftaran di SMKN 1 Tiloan hanya 30 orang.

"Terus terang, setiap tahun penerimaan siswa baru, lulusan SMPN 1 dan SMPN 2 Tiloan pada umumnya masuk mendaftar di SMKN 1 Tiloan. Tapi pada penerimaan tahun ini jumlahnya sangat minim akibat adanya pembukaan kelas jauh oleh SMAN 1 Momunu" jelasnya sumber itu kepada media ini.

Sementara pantauan media ini pada postingan di media sosial sejumlah Alumni SMKN 1 Tiloan menyatakan menolak keberadaan kelas jauh SMAN 1 Momunu di Desa Panilan Jaya.

Sementara terkait dibukanya kelas jauh SMKN 1 Momunu di Desa Panilan Jaya pada tahun ini, sumber itu lebih jauh mempertanyakan dasar hukum pembukaan kelas jauh tersebut apakah pembukaanya itu sudah memperoleh izi dari Dinas Dikbud Provinsi
Sulteng atau belum

Termasuk Cabang Dinas Wilayah enam, MKKS SMA dan pengawas pembina SMAN 1 apakah sudah mengetahui keberadaan pembukaan kelas jauh tersebut ?.

" Jadi saya kira ini perlu dilakukan evaluasi dan monitoring tentang pembukaan kelas jauh SMAN 1 Momunu tersebut", pintanya kepada media ini.

Sementara Kepala SMAN 1 Momunu Kabupaten Buol Nurhayati D Taim mengatakan pembukaan kelas jauh SMKN 1 Momunu di Desa Panilan Jaya tahun 2024 ini, bukan semata mata lahir karena keinginan pihak SMAN 1 itu sendiri. Akan tetapi kelas jauh itu dibuka pada dasarnya karena keinginan masyarakat setempat. Dengan alasan, karena sebelumnya tahun 2016 sudah ada memang kelas jauh SMAN 1 Momunu di wilayah tersebut, tapi pengelolaanya mandek. Dan keberadaan kelas jauh SMAN 1 Momunu tahun 2016 di wilayah itu pernah menamatkan 1 kali bahkan saat ini sudah ada 1 orang lulusanya jadi anggota TNI

Halaman:

Editor: Sulaeman dj Latantu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah