Wacana Perampingan Fakultas, PTNBH

- 18 Mei 2024, 10:37 WIB
Mochtar Marhum
Mochtar Marhum /

 

BUTOLPOST---PTNBH berarti otonomi penuh perguruan tinggi dan status perguruan tinggi tersebut sudah mirip perguruan Tinggi di negara negara maju yang memiliki wewenang otonomi penuh.

Ada tiga golongan status perguruan tinggi di Indonesia yaitu Satker, BLU dan PTNBH.

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi disebutkan penetapan PTN-BH dilakukan melalui Peraturan Pemerintah (PP).

Sementara itu, PTN Badan Layanan Umum (PTBLU) ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan atas usul Menteri Ristek dan Dikti.

Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum disingkat PTN BLU adalah perguruan tinggi level dua dalam hal otonomi. Jenis perguruan tinggi ini berada di bawah PTN Badan Hukum atau PTN BH yang memiliki otonomi sepenuhnya dalam mengelola keuangan dan sumber daya.

Perguruan Tinggi Berbadan Hukum atau PTN BH merupakan PTN yang sepenuhnya milik negara dan tidak dapat dialihkan kepada perseorangan atau swasta.

Saat ini sejumlah perguruan tinggi sudah banyak yang meraih akreditasi Unggul termasuk level tertinggi dalam sistem akreditasi perguruan tinggi, di bawa level akreditasi internasional. Dan perguruan tinggi yang sudah terkareditasi Unggul termasuk Univeriatas Tadulako Palu punya peluang menjadi perguruan tinggi berbadan hukum PTNBH, saat ini jumlah PTNBH ada 21.

Dasar hukum munculnya PTN BH adalah setelah terbitnya UU No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Perguruan Tinggi PTN BH diberi kesempatan penuh mengelola manajemen dan administrasi pendidikan secara otonomi di samping pengelolaan keuangan.

Halaman:

Editor: Suardi Yadjib


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah