Festival Beta Indonesia 2024 di Kota Ambon, Dilaksanakan di Kesatrian Lantamal IX Ambon

- 19 Mei 2024, 17:24 WIB
Festival Beta Indonesia di ambon Maluku
Festival Beta Indonesia di ambon Maluku /

BUTOLPOST -- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr.Opsla mendukung kegiatan Festival Beta Indonesia (FBI) 2024 dilaksanakan di komplek Lantamal IX Ambon, pada Sabtu. (18/05/24)

Festival Beta Indonesia (FBI) 2024 diproyeksikan untuk mengangkat kembali pesona Kota Ambon dan Provinsi Maluku sebagai destinasi wisata di Indonesia dengan menggelar Kompetisi Triathlon yang diikuti atlet dari beberapa kota di Indonesia termasuk diantaranya atlet nasional. Selain lomba triatlon, juga dimeriahkan oleh lomba band, dance, gelar bazar UMKM dan diakhiri dengan panggung hiburan rakyat.

Panitia penyelenggara FBI 2024 mengatakan bahwa Kejuaraan Triathlon merupakan yang pertama kali digelar di kota Ambon, antusias peserta cukup tinggi terbukti dengan banyaknya atlet yang berasal dari luar Provinsi Maluku.

Salah satu tujuan dari Festival Beta Indonesia ini adalah untuk mengenalkan potensi pariwisata yang ada di Ambon Maluku kepada peserta dan pengunjung dari luar Maluku, tentunya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Maluku.

Danlantamal IX menyambut baik festival ini, dan memberikan dukungan kepada panitia penyelenggara untuk kelancaran rangkaian kegiatan tersebut.

Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina membuka langsung jalannya kompetisi Triathlon yang diikuti sekitar 100 peserta, diawali renang sejauh 750 meter star dan finis di dermaga beaching Mako Lantamal IX, dilanjutkan bersepeda dengan jarak 22 km mengelilingi teluk ambon baguala serta lari sejauh 5 km. Walaupun selama kegiatan lomba kota Ambon diguyur hujan tetapi tidak mengurangi semangat peserta dalam menampilkan performa terbaiknya, berusaha menjadi yang tercepat.

Setelah memberangkatkan peserta lomba triatlon, Danlantamal IX juga meresmikan dibukanya Bazar UMKM yang diikuti 37 stand dengan bermacam kreasi berupa makanan, minuman maupun kerajinan tangan.

Brigjen Said Latuconsina, mengatakan kegiatan ini sangat bagus sehingga Lantamal IX merasa perlu untuk memfasilitasinya karena selain menggelar perlombaan olahraga berskala nasional, juga memberikan ruang kepada anak anak muda berekspresi menunjukan kemampuannya dalam seni musik dan tari serta kesempatan para UMKM mempromosikan sekaligus menjajakan produksinya.

Danlantamal IX berharap kegiatan serupa terus dilaksanakan dan ditingkatkan, festival beta Indonesia kedepan dapat dijadikan sebagai event tahunan di Provinsi Maluku dengan melibatkan semua stakeholder baik pemerintah daerah, swasta, perguruan tinggi, pencinta olahraga, pemerhati seni dan budaya sehingga olahraga, seni dan budaya di Maluku terus berkembang dan menghasilkan atlet dan musisi serta seniman berbakat mampu bersaing di level nasional dan internasional.
Selain itu dapat mengangkat pariwisata Maluku semakin dikenal dan dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. (Dispen Lantamal IX)

Editor: Muh Saiful


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah