Mengenang Sosok Gubernur Sulteng Dimasa H Abdul Azis Lamadjido SH

- 19 April 2024, 06:38 WIB
/

 

BUTOLPOST  ---  Dimasa HA Azis Lamadjido SH menjabat Gubernur Sulteng dua periode ini, kalimat yang suka dari pak Azis: "Ruangan kerja saya ini jika ada masyarakat dari desa terpencil bersandal jepit silahkan saja, karena dari jauh mereka ingin temui pemimpin mereka. Lantas jika saya menolak sebagai pemimpin kualat dan sangat tidak bijak" kata HA Azis Lamadjido saat itu.

Yang lebih saya sukai sebagai Gubernur Pak Azis dalam penerimaan tamu harus gunakan surat tamu diisi lewat Sesprinya agar bisa diterima sesuai maksud tujuan. Dan beliau menerima tamu semua yang ingin bertemu dengan berbagai masalah dilayani tak ada yang terkecuali dan semua transparan dengan ruangan sangat dingin dari AC yang cukup banyak diruangan itu.

Kesederhanaan kepemimpinan pak Azis nampak karena selalu mau mendengar keluhan masyarakat. Beliau itu seorang pemimpin kerja yang berwibawa jarang berlama-lama jika tugas dibutuhkan kehadirannya di ibukota Jakarta.

Progran upaya menuntaskan masalah kemiskinan pak Azis ditopang oleh sebuah Crass Program Gerbosbangdesa (Gerakan Terobosan Pembangunan Desa) dan itu memberi dampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat desa di seluruh Sulteng.

Suatu sore ditahun yang saya lupa, setelah bertemu pak Azis diruang kerja, saya saat itu wartawan Harian Media Indonesia di Sulteng diajak untuk bersama beliau satu mobil, bersama rekan saya Tasman Banto saat itu wartawan Harian Surya di Palu juga bung Djoni Kapal ADC Gubernur, kami berkeliling lembah Palu tak lupa ditemani bapak yang urusan kopi jahe disukai pak Azis.

Dalam mobil pak Azis banyak bercerita menyampaikan tentang bagaiman programnya membangun Sulteng termasuk menjadikan kawasan lembah Palu hijau untuk menempatkan warga lewat program transmigrasi.

Yang sangat saya sukai, ketika selesai berkeliling dan hendak balik ke kota Palu, kami minta diturunkan di depan Palu Studio saat itu. Namun karena kendaraan roda dua kami ada di halaman kantor Gubernur beliau antar kami balik ke halaman kantor Gubernur di jalan Sam Ratulangi Palu.

Namun ada cerita sebagai bahan mitivasi. Beliau bercerita tentang pengalaman dengan alasan mengapa kami harus diantar hingga ke kantor gubernur. Pak Azis bercerita saat beliau pertama tugas sebagai Jaksa di Makassar suatu waktu beliau tidak bawa kendaraan secuternya ke kantor, saat akan pulang ke rumah beliau numpang mobil atasannya bernama Laupesy. Saat sampai tujuan atasannya tanya Azis dimana rumah, pak Azis jawab masuk lorong sedikit pak. Tapi sang atasan hanya menurunkan di pinggir jalan. Sejak saat itu kata pak Azis beliau berjanji jika dia nantinya jadi atasan jika mau menolong orang harus antar hingga ke depan rumah.

Ketokohan pak HA Azis Lamadjido yang membuat masyarakat inginkan beliau memimpin Sulteng, bukan tanpa alasan. Dengan back ground seorang Jaksa, selalu tertib dan tak pernah menyombongkan dirinya dengan prestasi yang dicapai.

Halaman:

Editor: Suardi Yadjib


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x