Pelajar SMA Karuna Dipa perkuat Pemahaman tentang moderasi beragama

- 26 Februari 2024, 17:15 WIB
Pelajar SMA Karuna Dipa
Pelajar SMA Karuna Dipa /

 

BUTOLPOST  -- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah memperkuat pemahaman siswa - siswi SMA Karuna Dipa Kota Palu mengenai moderasi beragama, untuk membentuk perilaku siswa yang moderat di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Ketua FKUB Sulawesi Tengah Profesor Kiai Haji Zainal Abidin, di Palu, Senin, mengemukakan kehadiran FKUB di sekolah menengah atas merupakan satu tekad dan konsistensi FKUB dalam mengelola keragaman yang ada di dunia pendidikan, dengan pendekatan moderasi beragama.

"Multi kultural atau keragaman yang ada ini, bila tidak dikelola dengan baik. Maka akan menimbulkan kekacauan," kata Profesor Zainal Abidin.

FKUB Provinsi Sulteng melalui kepemimpinan Ketua Profesor Kiai Haji Zainal Abidin menggandeng SMA Kruna Dipa untuk melaksanakan sosialisasi moderasi beragama dan pencegahan perundungan (bullying) di tingkat pelajar. Kegiatan itu dikemas oleh dalam program FKUB Go To School.

Baca Juga: UIN Datokarama-BNPT sinergi kembangkan kampus kebangsaan

Baca Juga: Ketua Umum ADI Prof. Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc., Ph.D.Tanggapi Viralnya Tagar #JanganJadiDosen di Medsos

Terdapat sekitar 100 siswa - siswi kelas X dan XI SMA Karuna Dipa mengikuti sosialisasi tersebut. Kepada siswa - siswi SMA Karuna Dipa Profesor Zainal mengatakan bahwa SMA Karuna Dipa merupakan cerimanan keragaman Indonesia.

Bagimana tidak, SMA Karuna Dipa yang dirikan oleh tokoh - tokoh Agama Budha, bukanlah sekolah yang hanya menerima pelajar dari satu agama tertentu.

Melainkan, sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Karuna Dipa tersebut menerima pelajar dari semua agama di Indonesia. Oleh karena itu, SMA Karuna Dipa sangat multi kultural yang terdiri dari berbagai agama, suku, budaya serta bahasa.

Halaman:

Editor: Suardi Yadjib


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah