Menilik Keberadaan Lapak Tempat Usaha Masyarakat Yang Dibangun Seorang ASN Di Kabupaten Buol

- 18 Mei 2024, 10:56 WIB
Lapak usaha oleh ASN
Lapak usaha oleh ASN /

 

BUTOLPOST -- Membangun deratan lapak untuk masyarakat/pedagang kalangan menengah ke bawah sebagai tempat berjualan kebutuhan 9 bahan pokok sehari hari adalah sebuah konsep pemikiran cerdas dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian, khususnya masyarakat/pedagang tersebut.

Seperti halnya bangunan lapak yang di sekitar jembatan Kelurahan Buol Kecamatan Biau. Deratan Lapak itu dibangun atas dasar pemikiran cerdas Buyung Koloi, seorang ASN di Kabupaten Buol

Menurut Buyung, lapak itu dibangun diatas lahan miliknya sendiri termasuk biaya pembangunan fasilitas sarana dan prasarana lainya juga bersumber dari modalnya sendiri sebagai tempat usaha masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang/penjual untuk bahan kebutuhan pokok sehari hari. Seperti halnya sayur mayur, ikan serta jenis kebutuhan pokok lainnya.

"Prinsipnya saya membangun deretan lapak itu, tujuanya tak lain untuk membantu masyarakat pedagang yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan tempat usaha dengan biaya murah dan bisa terjangkau. Karena dalam hal penggunaan lapak tersebut, saya menerapkan konsep sistim sewa/kontrak yang tarifnya sangat murah sesuai kemampuan mereka yang disepakati bersama" ujar Buyung kepada media ini.

Dikatakan, kondisi lokasi miliknya itu sebelumnya sangat kumuh dan sangat mengganggu kenyamanan warga sekiranya. Sehingga melihat kondisi tersebut muncul ide,. pemikiran dan gagasanya untuk membangun lapak tempat usaha bagi masyarakat khususnya mereka yang berjualan bahan untuk kebutuhan pokok sehari hari.

"Alhamdulillah keberadaan lapak itu hingga saat ini sudah ditempati sekitar 70 orang warga yang berprofesi sebagai penjual/pedagang. Dan umumnya mereka merasa nyaman dalam menjalankan usaha bisnisnya hampir 2 tahun. Dan sejak berjualan di lapak ini, pendapatan perekonomian mereka rata rata sudah sedikit lebih meningkat, ujar Buyung menambahkan

Sementara, salah seorang pedagang disela sela kesibukanya melayani para pembeli kepada media ini secara jujur mengakui keberadaan bangunan lapak tersebut sangat membantu mereka dalam melakukan transaksi penjualan. Karena selain biaya sewa/kontrakan yang sangat terjangkau juga fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia sangat layak termasuk fasilitas airnya juga demikian.

"Jadi baik tempat maupun kelengkapan fasilitasnya yang tersedia hampir sama dengan pasar umum lainnya yang dibangun Pemerintah Kabupaten Buol. Hanya bedanya tarif sewa/kontrakan lapak ini, biayanya jauh lebih murah sehingga bisa dijangkau" ujar seorang pedagang yang enggan ditulis namanya.

Sementara pantauan media ini menunjukkan keberadaan lapak itu setiap saat dikunjungi masyarakat untuk membeli segala macam jenis jualan sesuai kebutuhanya. Bahkan keberadaan pasar milik Pemda Buol nyaris sepi dari pengunjung.

Halaman:

Editor: Sulaeman dj Latantu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah