Dipastikan Proses Pemberhentian Sementara Kades Siweli Kecamatan Balaesang Akan Bergulir ke PTUN

- 27 Mei 2024, 07:38 WIB
Kades Siweli, Balaesang (ist)
Kades Siweli, Balaesang (ist) /

 

BUTOLPOST -- Polemik soal pemberhentian sementara Kades Siweli Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala terus bergulir.

Menyusul Kepala Desa Silweli non aktif, Juniar seperti dikutip dari Metro Sulawesi Net, berencana akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala. Menyusul adanya keputusan pemberhentian sementara dari jabatan kepala desa (Kades).

“Saya akan menggugat Pemda di PTUN. Hari ini lagi membuat materi gugatan, Pada hari Senin 27 Mei akan mendaftarkan gugatan secara resmi di PTUN,” kata Juniar melalui pesan WhatsApps pada Jumat 24 Mei 2024.

Juniar menjelaskan, ia masih belum bisa menerima pemberhentian sementara yang diputuskan oleh Pemda melalui dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa). Bahkan Juniar mengakui dirinya tidak mau menandatangani surat pemberhentian sementara sebagai kades Siweli.

Karena menurutnya surat pemberhentian sementara tidak sesuai prosedur dan mekanisme yang diatur dalam undang-undang.

“Tidak pernah kadis PMD itu melakukan atau memanggil saya untuk mengklarifikasi dan memberikan hak suara dalam bentuk sebagai pembinaan terhadap pemerintah desa sesuai fungsi PMD sebenarnya,” kata Juniar.

Juniar mengatakan, surat pemberhentian sementara itu terbit tanpa sepengetahuan dirinya. “Saya diundang pada hari Rabu 22 Mei pukul 15.00 Wita sifatnya undangan evaluasi, tapi sampai di kantor PMD, saya disodorkan surat pemberhentian sementara. Saya tidak mau tanda tangan surat pemberhentian sementara itu. Saya merasa dijebak kadis PMD,” jelasnya.

Juniar menilai, surat pemberhentian semenatara itu tidak masuk pada substansi persoalan. “Teguran pertama mengenai politik, teguran kedua mengenai perangkat desa. Dua teguran ini tidak nyambung. Itu pun saya tidak pernah dipanggil untuk dimintai keterangan permasalahan apa sebenarnya, ada apa?” tekannya.

Di bagian lain, Juniar menyayangkan sikap warganya yang melakukan demo, dan meluapkan kegembiraan di dunia maya (FB).

Halaman:

Editor: Sulaeman dj Latantu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah